Penyebab Kantuk dan Rasa Lelah dan bagaimana cara melawannya



1. Kurang Tidur
Terlalu sedikit waktu tidur Anda. Dapat memberi pengaruh buruk pada konsentrasi dan kesehatan Anda. Pria dewasa memerlukan 7-8 jam tidur malam. Cara mengatasi: Prioritaskan waktu tidur dan buatlah jadwal. Jauhkan laptop, telpon genggam dan TV dari kamar tidur Anda. Masih sulit tidur? Coba konsultasi dengan dokter, mungkin Anda terkena masalah tidur.

2. Sleep Apnea
Kebanyakan orang berpikir mereka cukup tidur, namun ternyata sleep apnea mengganggu kualitas tidur Anda. Sleep Apnea adalah ada berhenti bernafas beberapa saat sewaktu tidur. Setiap nterupsi hanya membuat Anda terbangun sekian detik, dan mungkin Anda tidak sadar. Dan sebenarnya waktu tidur Anda masih kurang dari 8 jam. Cara mengatasi:  Turunkan berat badan, jika Anda kelebihan berat badan, berhenti merokok dan gunakan alat CPAP untuk membantu pernafasan Anda.

3. Tidak Cukup Makan
Kekurangan makanan akan menimbulkan rasa lelah. Pola makan yang sehat dapat menjaga kadar gula darah tetap normal dan mencegah rasa lelah yang timbul karena turunnya kadar gula darah. Cara mengatasi: Sarapan pagi dan cukupi asupan protein dan karbohidrat kompleks. Contoh: telur dan roti gandum.

4. Anemia
Anemia merupakan penyebab utama kelelahan pada wanita. Kehilangan darah saat Menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi pada tubuh. Sel darah merah diperlukan karena mereka membawa oksigen ke jaringan tubuh dan organ tubuh lainnya. Cara mengatasi: Bila Anemia disebabkan karena kurang zat besi, gunakan suplemen zat besi dan konsumsi makanan yang kaya zat besi, seperti daging tanpa lemak, hati, kerang-kerangan, sereal dengan multi mineral (termasuk zat besi didalamnya).

5. Depresi
Mungkin anda berpikir, depresi hanyalah gangguan emosi, namun ini berkontribusi banyak pada masalah fisik. Rasa lelah, sakit kepala dan hilang selera ada gejala umum. Jika Anda merasa lelah dan "down" lebih dari beberapa minggu, konsultasikan dengan dokter. Cara mengatasi: Psikoterapi atau gunakan pengobatan.

6. Hypothyroidism
Tiroid adalah kelenjar kecil pada leher yang berfungsi mengatur metabolisme, mengubah makanan menjadi energi. Ketika kinerja kelenjar menurun dan metabolisme melambat, Anda akan merasah lamban dan berat badan bertambah. Cara mengatasi: Uji Darah, bila hormon thyroid rendah, coba gunakan hormon sintetis untuk meningkatkan kembali kinerjanya.

7. Kelebihan Kafein
Kafein dapat meningkatkan konsentrasi jika dikonsumsi pada dosis wajar. Namun kelebihan kafein dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah. Beberapa riset menunjukan, kebanyakan kafein membuat orang menjadi mudah lelah. Cara mengatasi: Kurangi kopi, teh, coklat, soft drinks, dan semua pengobatan yang mengandung kafein.  Berhenti mendadak dapat menyebabkan tingkat kelelahan lebih tinggi.

8. Diabetes
Orang yang menderita diabetes, memiliki kadar gula yang abnormal pada darah, menyebabkan tubuh kekurangan gula yang seharusnya dikonversi menjadi energi. Jika Anda mengalami rasa lelah yang tidak diketahui penyebabnya, coba minta dokter untuk mengecek kadar gula Anda. Cara mengatasi: Pola hidup sehat dengan mengatur pola makan dan cukup berolah raga, terapi insulin dan pengobatan yang dapat membantu badan memproses gula.

9. Dehidrasi
Dehidrasi merupakan salah satu penyebab kelelahan. Baik Anda bekerja di lapangan atau di belakang meja, tubuh memerlukan air untuk bekerja dengan baik dan tetap dingin. Saat Anda merasa haus, itu sudah menunjukan dehidrasi. Cara mengatasi: Cukup minum sampai air seni bening. Minimal 2 gelas air tiap jam atau lebih jika melakukan aktifitas fisik.

10. Penyakit Jantung
Jika dalam aktifitas keseharian Anda merasa lelah, bisa merupakan gejala Jantung anda sudah tidak kuat untuk melakukan aktifitas tersebut. Jika makin hari Anda rasakan makin sulit menyelesaikan aktifitas yang mana dahulu mudah dilakukan, konsultasikan dengan dokter. Cara mengatasi: Pola hidup sehat dan cukup olah raga.

source: webmd

No comments:

Post a Comment