Kalsium dan pengapuran pada tulang

Kalsium adalah nutrisi penting agar tubuh tetap kuat dan sehat. Merupakan mineral penting agar tulang sehat dan kuat. Kalsium dapat diperoleh melalui sumber makanan, disertai magnesium, Vit D dan Vit K, agar kalsium dapat melakukan fungsinya.

Manfaat kalsium selain membuat tulang dan gigi menjadi sehat, kalsium juga berguna dalam pengiriman sinyal ke system saraf, membantu proses pembekuan darah, meregulasi ritme jantung dan masih banyak lagi.



Darimana tubuh mendapatkan kalsium
Tubuh mendapatkan kalsium dengan 2 cara:

  • Pertama, melalui makanan yang kita konsumsi atau supplement yang Anda makan.
  • Kedua, bila sumber kalsium dari luar tidak mencukupi, maka, tubuh akan mengambil dari tulang.


Jadi, bila tubuh kekurangan kalsium, kalsium pada tulang akan diambil untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ini penyebab tulang menjadi keropos.

Kalsium pada Susu
Terdapat banyak perdebatan diantara ahli gizi mengenai penggunaan dairy product untuk mencukupi kebutuhan kalsium. Ada yang memiliki pandangan, susu merupakan sumber yang baik untuk kalsium dan membantu mencegah osteoporosis. Sementara yang lainnya berpendapat, produk susu hanya membantu sedikit, sementara efek sampingnya dapat menimbulkan masalah kesehatan lain.


  •  Sebetulnya susu mengandung kalsium yang berlimpah dan cukup mudah diserap tubuh. Produk susu merupakan salah satu sumber kalsium untuk tubuh. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan: Produk susu umumnya mengandung lemak jenuh, yang dapat meningkatkan resiko sakit jantung. Pilih produk susu rendah lemak atau tanpa lemak.
  • Kebanyakan susu mengandung kadar estrogen yang tinggi. Beberapa penelitian menunjukan adanya hubungan antara estrogen dengan kanker payudara, kanker prostat dan kanker testis. Praktek produksi susu modern, dimana sapi yang hamil dan terus menyusui sampai 300 hari per tahun, menyebabkan kadar estrogen yang tinggi pada susu hasil perahannya. Coba produk skim milk, karena kadar estrogen lebih rendah dibanding jenis susu lainnya.
  • Banyak orang sensitif terhadap lactose, yang berarti kesulitan mencerna lactose, gula yang terdapat pada produk susu. Dapat memberikan efek samping berbeda pada tiap orang termasuk kram, kembung sampai diare. Anda dapat mensiasati dengan cara menggunakan obat yang mengandung enzym yang dapat mencerna lactose, atau memilih produk susu yang rendah lactose seperti keju dan cheddar, atau konsumsi susu yang sudah ditambahkan enzym lactase.

Kalsium dari Tiens
Bila Anda memilih suplemen untuk mendapatkan asupan kalsium harian Anda, Tiens Nutrient Kalsium dapat menjadi salah satu pilihan. Kalsium Tiens adalah kalsium organik jenis Asam-Amino, larut dalam air (hingga tidak menimbulkan rasa mual, karena tidak membutuhkan asam lambung), dan mudah diserap tubuh (mencapai 90% penyerapan).

No comments:

Post a Comment