Berhenti Merokok? Mana Mungkin.

6 tips berhenti merokok - tidak masalah berapa kali Anda sudah mencoba berhenti :)

Jika Anda menderita COPD (Chronic obstructive pulmonary disease) atau lebih dikenal dengan bronkitis akut, langkah terpenting adalah berhenti merokok.

Langkah kedua terpenting, hiduplah dilingkungan bebas rokok.
Apakah anda perokok atau perokok pasif, asap rokok mempercepat kerusakan pada paru-paru. Menghindari rokok akan memperlambat kerusakan dan berefek mencegah bronkitis menjadi lebih parah.

Dan ketika kita berhenti merokok, dapat menurunkan resiko baik kita sebagai perokok dan orang disekeliling kita terkena penyakit serius lainnya seperti serangan jantung.

Berhenti merokok dapat membuat kita hidup lebih lama dan sehat. Kabar baiknya, merokok adalah faktor resiko yang dapat Anda kendalikan. Berikut tips-nya:

1. Tentukan tanggal berhenti merokok
Jika Anda ingin berhenti merokok, menentukan tanggal berhenti dapat membantu kita untuk lebih konsisten berhenti (menurut Lindy Wolfenden, MD. seorang ass. prof. medicine di Emory University School, Atalanta). Menentukan tanggal, membuat kita lebih formal dalam usaha berhenti merokok. Mungkin Anda akan mengalami beberapa kali usaha untuk berhenti dan menentukan tanggal, jangan menyerah, ini suatu progress yang baik.
Ketika tanggal ditentuka, biasanya kita menjadi stress. Stress adalah penghalang utama dalam mengubah kebiasaan. Dan efeknya sangat jelas saat Anda berupaya berhenti merokok.
Mari kita tentukan tanggalnya, persiapkan secara mental dan emosi, tetap fokus dalam pikiran kita, bahwa mulai tanggal tersebut, hidup baru dimulai, hidup baru dengan gaya hidup sehat.

2. Siapkan mental menghadapi sengsara
Pertama kali berhenti merokok, akan terasa berat. Kita akan merasa sengsara, mudah marah, bahkan depresi. Namun menurut penelitian, nikotin akan segera meninggalkan tubuh Anda. Biasanya dalam waktu 24 jam, nikotin sudah menghilang dari tubuh.
Dalam beberapa minggu, rasa lapar lebih kuat dari biasanya. Mungkin jadi ingin ngemil seharian. Setelah Anda lewati beberapa hari, rasakan, Kendali sudah mulai Anda pegang.

Permen karet tanpa gula atau perment dapat menjadi penolong sementara.

3. Hilangkan Pemicu Anda merokok
Pemicu dapat berupa apa saja, setiap orang memiliki pemicu yang berbeda. Mungkin bau asap rokok, kopi dipagi hari atau saat melihat asbak.
Saran Wolfenden, buang semua rokok dari rumah, beranda dan mobil Anda. Minta orang rumah agar membuang rokok, asbak dan pemantik dari rumah. Buang semua yang memicu kita kembali ingin merokok.

4. Coba Pengganti Nikotin
NRT atau Nicotine replacement treatments, adalah penggunaan perment karet nikotin, koyo nikotin, inhalers, dan lozenges. Terapi ini memungkinkan nikotin masuk kedalam sistem tubuh tanpa harus merokok. Tentu saja terapi ini tidak memberikan sensasi merokok. Namun terapi ini dapat membantu.

Keberhasilan penggunaan alat bantu berhenti merokok mencapai 50%. Tambah juga dengan kegiatan dengan bergabung grup terapi.

5. Cari Tahu penyebab Anda Ingin Merokok
Jika anda perokok dan pernah mencoba berhenti sebelumnya, mungkin anda akan merasa bersalah sekarang. Apalagi Anda menderita bronkitis akut atau sakit jantung. Mungkin anda merasa malu dan merasa dihakimi oleh orang-orang sekitar. Berhentilah khawatir. Perokok bukanlah orang bertipe self-destructive, pemalas atau tidak bermotivasi. Kembalinya perokok pada kebiasaanya, menunjukan begitu kuatnya kecanduan kita pada rokok. Jatuhnya kembali si perokok pada kebiasaanya bukan merefleksikan karakter yang sebenarnya dari dirinya.

Orang merokok karena kecanduan nikotin. Nikotin sama adiktifnya dengan heroin atau cocaine. Orang yang merokok 5-10 batang sehari sudah dikategorikan kecanduan. Bahkan ada kasus, orang yang sudah berhenti tahunan, kembali kecanduan rokok.

6. Cari Support atau konseling
Saat depresi melanda, cobalah lakukan konseling pribadi atau cari support dari keluarga kita.

Berhenti merokok untuk kebaikan Kita

Jika rokok membuat kita kecanduan, dapatkah Anda berhenti merokok untuk kebaikan? Ya. Siapapun yang sudah punya keinginan berhenti, sudah ada kesempatan 3-5% untuk berhenti merokok. Setiap usaha untuk berhenti, yang terjadi berulang-ulang, makin meningkatkan kesempatan hingga 5% Anda untuk lepas dari rokok. Contohnya, Anda sudah mencoba 4 kali, berarti tingkat kesempatan keberhasilan anda terbebas rokok sudah 20%

Tips: bila anda jatuh dan kembali merokok, jangan siksa diri Anda.. :) setiap orang yang berniat berhenti merokok, akan terbebas dari rokok. (source: webmd)



Suplemen Tiens yang dapat membantu mengobati Bronkitis

No comments:

Post a Comment