Hatcihhh.. Apa dan kenapa?

Jika kamu bersin, penyebabnya mungkin ada sesuatu yang menimbulkan iritasi atau mengelitik didalam hidung. Bersin adalah cara tubuh untuk mengusir iritasi dari hidung.

Ketika ada rasa gelitik dihidung, sinyal disampaikan kebagian otak, kemudian otak akan mengirim pesan kesemua otot yang bekerja untuk mengerjakan suatu proses yang kompleks yang kita sebut dengan bersin.
Bila diteliti, berikut otot yang ikut bekerja, otot perut, otot dada, diafragma, otot yang mengatur pita suara, otot yang berada dibelakan tenggorokan. Dan jangan lupa, otot kelopak mata, coba kita perhatikan, saat bersin, mata kita tertutup. ^.^

Bersin dapat menerbangkan partikel-partikel kecil dengan kecepatan tinggi, sekitar 70 M/detik.Bersin dapat menyebarkan penyakit lewat butir-butir air yang terinfeksi yang diameternya antara 0,5 hingga 5 µm. Sekitar 40.000 butir air seperti itu dapat dihasilkan dalam satu kali bersin.

Hal yang menimbulkan iritasi pada hidung adalah debu, udara dingin, atau merica. Ketika udara dingin masuk ke hidung, virus membuat rumah sementara disana dan menyebabkan iritasi dan pembengkakan. Ada juga bersin karena alergi terhadap hal tertentu, seperti bulu binatang atau serbuk sari (dari tumbuhan).

 Apakah Anda tahun ada orang yang bersin ketika mereka terkena sinar matahari? Sekitar 1 dari setiap 3 orang bersin saat terkena cahaya terang. Mereka disebut sneezers photic (photic = cahaya). Jika Anda adalah sneezers photic, Anda mendapatkannya dari salah satu orang tua Anda karena itu adalah sifat yang diturunkan.

Bila suatu saat Anda memiliki perasaan akan bersin, tetapi batal? cobalah mencari menuju cahaya terang sebentar (tapi tidak melihat langsung ke matahari).

Tanggapan tradisional bila seseorang bersin
Di negara-negara berbahasa Inggris ada kebiasaan untuk setidak-tidaknya satu orang untuk mengatakan "God bless you" (Semoga Tuhan memberkati Anda) (atau hanya "Bless you" - Kiranya Anda diberkati) bila seseorang bersin. Tradisi ini berasal dari Abad Pertengahan, ketika diyakini bahwa ketika seseorang bersin, jantungnya berhenti berdenyut, jiwanya meninggalkan tubuhnya, dan dapat direnggut oleh roh jahat.

Kini, kata-kata itu diucapkan hanya sekadar sopan-santun dan biasanya orang yang bersin kemudian menjawab "Terima kasih". Juga ketika Demam Merah pertama kali merebak, orang seringkali mati karena bersin, sehingga orang mulai mengatakan "Semoga Tuhan memberkati Anda", dengan harapan bahwa mereka akan selamat. Dalam bahasa Spanyol, orang mengatakan "Salud", yang juga berarti kesehatan.

Dalam budaya Islam yang didasarkan pada berbagai hadis dan ajaran Muhammad . Sebuah contoh dari hal ini adalah hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad pernah berkata:
"Ketika salah satu dari kita bersin, biarkan dia berkata, "Al-hamdu-Lillah" (Segala puji bagi Allah ) , dan membiarkan saudaranya atau pendamping berkata kepadanya, "Yarhamuk Allah" (Semoga Allah merahmati anda) . Jika ia berkata, "Yarhamuk-Allah", kemudian biarkan [hidung itu] berkata, "Allah wa Yahdeekum yuslihu baalakum" (Semoga Allah membimbing Anda dan memperbaiki kondisi Anda)."

Dalam bahasa-bahasa lain

  • Bahasa Azerbaijan, bersin biasanya diikuti oleh jawaban ""Saglam ol"" yang berarti "semoga Anda sehat"
  • Bahasa Italia, bersin diikuti oleh jawaban ""Salute""
  • Dalam budaya-budaya berbahasa Portugis, bersin diikuti oleh jawaban "Saúde", ("Sehat"), atau "Santinho" ("santo kecil"), lainnya mengatakan "Yesus". Yang bersin kemudian menjawab "Obrigado" atau "Obrigada" (terima kasih).
  • Dalam budaya berbahasa Spanyol, bersin biasanya diikuti oleh jawaban "Salud", ("Semoga Anda sehat") juga di tempat-tempat tertentu mereka mengatakan "Jesús" (Yesus) (seperti di Spanyol). Orang yang bersin kemudian menjawab "Gracias" (terima kasih).
  • Namun, di Puerto Rico, juga sangat umum bagi seseorang untuk menjawab bersin yg kedua dan ketiga dengan "Dinero" ("Uang") dan "Amor" ("Cinta"), mengikuti setelah jawaban awal "Salud".
  • Bagi bangsa Brazil-Portuguese,bersin biasanya diikuti dengan jawaban "Saúde", ("Sehat"), dan juga "Santinho" yang artinya " Kiranya Anda diberkati".
  • Dalam Bahasa Bulgaria,bersin biasanya diikuti dengan jawaban "Наздраве!", (Nazdrave, artinya "Demi kesehatan[mu] ", yang kemudian dijawab dengan "Мерси" (Merci) or "Благодаря" ("Blagodarya") yang artinya "Terima kasih").
  • Dalam Bahasa Romania, bersin biasanya diikuti dengan jawaban "Noroc", ("Semoga Beruntung") yang kemudian dijawab dengan “Mersi” atau “Multumesc” ("Terima kasih"). Dalam Basaha Jerman, Gesundheit (yang artinya "Sehat [bagimu]") sangat umum digunakan, tetapi juga sering digunakan pada negara yang berbahasa Inggris. Jawaban ini adalah penerus dari kepercayaan zaman dahulu bahwa bersin adalah tanda sakit yang parah.
  • Dalam Bahasa Hebrew, "לבריאות" (Labriyut, artinya "Demi kesehatan[mu] ").
  • Dalam Bahasa Polandia jawaban yang umum adalah "Sto lat" yang artinya "Ratusan tahun",

No comments:

Post a Comment