Spirulina: Prolog dan Manfaatnya

Spirulina adalah microalga yang aman untuk dikonsumsi oleh manusia dan bermanfaat sebagai suplemen nutrisi bagi tubuh kita. Jenis Spirulina yang umum dikembangkan adalah Arthrospira, tersedia sebagai health supplement dalam berbagai bentuk baik itu kapsul atau serbuk.

Nutrisi dan Vitamin yang dikandung

Protein dan asam amino
Spirulina mengandung sekitar 60% (berkisar antara 51-71%) protein. Kandungan protein sangat lengkap termasuk didalamnya semua asam-amino essential, namun kandungan dari methionine, cysteine and lysine lebih sedikit bila dibandingkan dengan protein dari daging hewan, telur dan susu. Namun, spirulina, sebagai sumber protein nabati, merupakan sumber terbaik.

Nutrisi Lainnya
Kandungan lemak mencapai 7% dari berat, kaya akan gamma-linolenic acid (GLA), juga alpha-linolenic acid (ALA), linolenic acid (LA), stearidonic acid (SDA), eicosapentaenoic acid (EPA), docosahexaenoic acid (DHA) and arachidonic acid (AA).

Spirulina juga mengandung vitamins B1 (thiamine), B2 (riboflavin), B3 (nicotinamide), B6 (pyridoxine), B9 (folic acid), vitamin C, vitamin D, vitamin A and vitamin E.
Spirulina juga dapat diandalkan sebagai sumber untuk otassium, calcium, chromium, copper, iron, magnesium, manganese, phosphorus, selenium, sodium and zinc.

Spirulina juga mengandung pigments yang berguna, termasuk beta-carotene, zeaxanthin, chlorophyll-a, xanthophyll, echinenone, myxoxanthophyll, canthaxanthin, diatoxanthin, 3'-hydroxyechinenone, beta-cryptoxanthin and oscillaxanthin, plus the phycobiliproteins c-phycocyanin and allophycocyanin.

Related Article
Tiens Spirulina Capsule
source:wikipedia

No comments:

Post a Comment