Kuku dan Kesehatan: Perhatikan Tanda-tandanya

Apakah Anda tahu kuku dapat mengungkapkan petunjuk untuk kesehatan Anda? Sebuah titik putih, semburat kemerahan di sana, atau kuku yang beriak mungkin merupakan tanda penyakit dalam tubuh. Permasalahan dalam hati, paru-paru, dan jantung dapat muncul pada kuku Anda.


Kuku pucat
Kuku sangat pucat kadang-kadang bisa menjadi tanda dari penyakit serius, seperti:
  • Anemia
  • Gagal jantung kongestif
  • Penyakit hati
  • Malnutrisi




Kuku putih
Jika kuku yang umumnya berwarna putih, dan bagian pinggir kuku gelap, ini dapat mengindikasikan masalah liver, seperti hepatitis.



Kuku kuning
Salah satu penyebab paling umum kuku berwarna kuning adalah infeksi jamur. Semakin memburuk infeksinya, kuku akan menyusut, selain itu kuku akan menebal dan mudah hancur. Dalam kasus yang jarang, kuku kuning dapat menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid yang parah, diabetes penyakit paru-paru, atau psoriasis.




Kuku Kebiruan
Kuku dengan warna kebiru-biruan dapat menunjukan tubuh kekurangan oksigen. Ini bisa mengindikasikan infeksi di paru-paru, seperti pneumonia. Beberapa masalah jantung dapat dikaitkan dengan kuku kebiruan.




Kuku Bergelombang
Jika permukaan kuku berkerut atau bergelombang, ini mungkin merupakan tanda awal dari psoriasis atau inflamasi arthritis. Biasanya warna kuku adalah tidak berubah, kulit di bawah kuku dapat tampak coklat kemerahan.



Kuku Pecah
Kering, kuku rapuh yang sering retak dapat dikaitkan dengan penyakit tiroid. Cracking atau memecah dikombinasikan dengan warna kekuningan lebih mungkin disebabkan oleh infeksi jamur.




Pinggiran kuku yang bengkak
Jika kulit di sekitar kuku tampak merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan lipatan kuku. Ini mungkin hasil dari lupus atau gangguan jaringan ikat. Infeksi juga dapat menyebabkan kemerahan dan peradangan pada lipatan kuku.



Garis Gelap dibawah kuku
Garis-garis gelap di bawah kuku harus diselidiki secepatnya. Mereka kadang-kadang disebabkan oleh melanoma, jenis yang paling berbahaya dari kanker kulit.



Menggigit Kuku
Menggigit kuku mungkin tidak lebih dari sebuah kebiasaan lama, namun dalam beberapa kasus itu tanda kecemasan persisten yang dapat manfaat dari pengobatan. Menggigit kuku juga telah dikaitkan dengan gangguan obsesif-kompulsif. Jika Anda tidak bisa berhenti, ada baiknya berdiskusi dengan dokter Anda.


Kuku Hanya Bagian dari Puzzle
Meskipun perubahan kuku dapat menunjukan masalah kesehatan, biasanya bukan merupakan tanda pertama. Dan kelainan kuku tidak selalu menunjukan bahaya penyakit - tidak semua orang dengan kuku putih memiliki hepatitis. Jika Anda khawatir tentang penampilan kuku Anda, konsultasikan dengan dokter kulit.

Artikel ini hanya menunjukan, bila kondisi tubuh Anda terasa tidak fit, dan kuku Anda "berbicara", cobalah lebih perhatikan kondisi badan Anda, dan konsultasikan dengan dokter Anda. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

source: webmd

No comments:

Post a Comment