Obat Maag dan Impotensi

article source: kompas.com

Hati-hati dalam memilih obat maag! Jangan sampai Anda mengalami "musibah" yang terjadi pada pasien bernama, sebutlah Suro (bukan nama sebenarnya). Suro memiliki keluhan mengenai maagnya. Karena itu, sudah lama pula dia mengkonsumsi obat-obat maag. Suro memiliki kecenderungan menggunakan obat maag jenis cimetidine bermerk, karena dirasa lebih manjur dan lebih mahal.

Suro juga mengaku semenjak menggunakan obat ini jerawat yang biasa tumbuh di wajahnya juga mulai berkurang. Intinya dia sangat puas dengan efek "obat mahal" itu. Dia mengkonsumsi cimetidine hampir setiap hari, 3 kali sehari setiap akan makan. Suatu kebiasaan yang tidak lazim.

Namun saat dilakukan pemeriksaan fisik, Suro tiba-tiba mengeluh kalo dia merasa buah dadanya membesar. Dia juga merasa jika berat badannya naik beberapa kilogram. Karena mendapat keluhan seperti itu, maka pemeriksaan intensif pada bagian perut dilanjutkan pada bagian dada. Ternyata benar, lelaki berusia 30-an itu mengalami pembesaran buah dada, atau istilah medisnya adalah ginekomasti. Resep hari itu, hentikan cimetidine dan ganti dengan ranitidine.

Cimetidine adalah obat yang baik, bila digunakan dengan baik dan tepat indikasi. Dia bekerja sebagai antihistamine II yang berkhasiat untuk menghambat produksi asam lambung. Namun cimetidine sudah banyak ditinggalkan oleh para dokter karena memiliki efek samping anti-androgen. Selain menghambat produksi asam lambung, cimetidine juga menghambat kerja hormon androgen dalam tubuh. Jika pada perempuan mungkin efek ini masih bisa ditoleransi, tetapi bagaimana jika dikonsumsi oleh laki-laki?

Efek antiandrogen cimetidine ini menyebabkan berbagai efek samping pada laki-laki seperti pembesaran buah dada, kemandulan bahkan impotensi. Efek samping ini memang jarang, namun bagaimana jika efek samping ini muncul pada anda? Oleh karena itu banyak dokter yang enggan meresepkan cimetidine pada pasiennya. Para dokter lebih sreg meresepkan ranitidine dan omeprazole untuk peningkatan asam lambung.

Lantas kenapa jerawat pak Suro bisa membaik dengan cimetidine? Salah satu mekanisme timbulnya jerawat adalah aktivitas hormon androgen (testosteron) yang meningkat. Cimetidine punya efek antiandrogen, karena alasan itulah jerawatnya bisa membaik.

Untuk Info tambahan, Jenis obat maag ada beberapa tipe yaitu

  • golongan antasida seperti magnesium hidroksida atau aluminium hidroksida
  • golongan antihistamin II, Ranitidine, cimetidine.

Berikut Kombinas Penggunaan Suplemen kesehatan dari Tiens untuk mencegah dan mengurangi gejala sakit maag:




No comments:

Post a Comment