Makanan Pereda PMS



Sering merasa sakit perut, pegal-pegal dan mood berantakan menjelang dan selama periode menstruasi? Itu adalah hal yang wajar. Hampir semua wanita pernah mengalami hal yang sama setiap bulannya.

Tapi, meski itu hal yang umum terjadi, bukan berarati Anda boleh pasrah saja, terutama jika gejala PMS sudah mengganggu aktivitas sehari-hari.

"Asupan makanan sangat berperan penting mengurangi atau bahkan menambah kesengsaraan akibat PMS," kata Justin Shelton, DO, dokter kebidanan dan kandungan di Albert Einstein Medical Center, Philadelphia.

Inilah makanan yang bisa meringankan gejala PMS Anda menurut para ahli kesehatan.


Alpukat
Alpukat mengandung beragam vitamin dan mineral. Jika satu hari, saat Anda menstruasi, perut terasa melilit, sehingga Anda hanya bisa meringkuk di sofa, cobalah makan sajian berbahan dasar alpukat.

"Alpukat kaya akan asam lemak Omega-3 yang dapat membantu memerangi inflamasi dan meredakan nyeri haid," kata Kristen Carlucci, RDN, ahli gizi di New York.

Cobalah menambahkan beberapa potong alpukat dalam setangkup roti atau tambahkan cacahan alpukat sebagai campuran salad. Bisa juga membuat alpukat menjadi smoothie yang nikmat.


Salmon
Lemak tak harus selalu menjadi musuh. Faktanya, asam lemak yang ada di dalam ikan laut seperti salmon dan di dalam kacang almond dan minyak zaitun, sangat baik untuk kesehatan, terutama saat Anda sedang merasa lesu ketika datang bulan.

Sebuah studi baru dari  Reproductive Health menemukan bahwa mengonsumsi kapsul berisi satu gram asam lemak esensial dapat secara signifikan meringankan gejala PMS. Untuk mendapat manfaat yang sama, selain dari suplemen, Anda bisa juga mengonsumsi ikan laut.

"Ikan laut adalah sumber utama asam lemak esensial DHA dan EPA, yang bermanfaat untuk memerbaiki mood dan mengurangi perasaan lesu ketika haid," kata  Rima Kleiner, MS, ahli diet terdaftar dari North Carolina.


Kacang Brasil
Kacang Brasil  penuh dengan nutrisi dan antioksidan yang baik untuk kesehatan kulit Anda. "Kacang Brasil dapat membantu mengurangi jerawat yang mungkin muncul selama siklus menstruasi," kata Carlucci.

"Mereka mengandung nutrisi penting termasuk selenium, vitamin E, dan asam lemak yang membantu melembabkan kulit, menetralkan produksi minyak, dan mengurangi peradangan kulit untuk mencegah jerawat muncul."


Yoghurt tanpa lemak
"Makanan tinggi kalsium seperti yoghurt (lebih baik pilih yang tanpa atau rendah lemak demi memertahankan berat badan ideal), telah terbukti mengurangi kram perut yang sering muncul saat menstruasi," kata Shelton.

Kalsium juga bisa mengurangi nafsu makan berlebih yang merupakan salah satu gejala PMS dan  membantu mengurangi retensi air, kata Jolene Brighten, ND, seorang dokter naturopati yang mengkhususkan diri dalam bidang hormonal wanita di Oakland, California.


Cokelat hitam
"Cokelat kaya akan antioksidan dan dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang merupakan hormon pembangkit mood. Cokelat juga meningkatkan aliran darah ke otak, dan ini membuat kita merasa berenergi,  kelelahan berkurang dan otak dapat bekerja dengan lebih fokus," kata Shelton.

Makanlah beberapa potong cokelat hitam pada pagi agar Anda merasa lebih berenergi. Atau, di sore hari saat energi Anda sudah mulai berkurang.

No comments:

Post a Comment