Lari 5 Menit pun Bisa Cegah Penyakit Jantung

Waktu yang sempit kerap menjadi alasan seseorang jarang berolahraga. Jika itu pun menjadi alasan Anda, maka sediakan waktu setidaknya 5 menit saja. Studi ungkapkan manfaat sehat berlari 'singkat' selama 5 menit per hari lho.

Ya, studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menyebutkan bahwa berlari meskipun hanya dilakukan beberapa menit saja dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

Untuk membuktikan hal ini, para peneliti mempelajari lebih dari 55.000 orang dewasa berusia antara 18-100 tahun selama periode 15 tahun. Tim mengamati status kesehatan mereka secara keseluruhan, kebiasaan berlari dan usia hidup mereka.

Hasilnya, dibandingkan dengan peserta yang tak pernah berlari, peserta pelari memiliki risiko 45 persen lebih rendah mengalami kematian akibat penyakit kardiovaskular. Bahkan, para pelari rata-rata hidup tiga tahun lebih lama daripada mereka yang tidak pernah atau jarang berlari.

"Bahkan dengan semua faktor negatif seperti obesitas, kebiasaan merokok dan diabetes, kebiasaan berlari meskipun singkat setiap hari tetap memberi perbedaan dalam risiko masalah jantung," ungkap Dr Warren Levy, ahli jantung dan kepala medis dari Virginia Heart, seperti dikutip dari CNN, Jumat (1/8/2014).

Menurut American Heart Association, aktivitas fisik seperti berjalan dan berlari dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, aktivitas ini juga dapat menurunkan produksi glukosa, yang kemudian mengurangi risiko diabetes.

Berlari juga dapat melindungi lapisan terdalam dari arteri, menjaga dinding dan sel-sel tetap utuh, sehingga mengurangi risiko penyumbatan atau gumpalan yang dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung. Namun yang pasti sebelum memutuskan untuk rutin berlari, tetap sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki penyakit kronis.

No comments:

Post a Comment