Resveratrol: Anti-Aging dan Mencegah Penyakit

Resveratrol adalah anggota dari kelompok senyawa tanaman yang disebut polifenol. Senyawa ini dianggap memiliki sifat antioksidan, melindungi tubuh terhadap jenis kerusakan terkait dengan peningkatan risiko untuk kondisi seperti kanker dan penyakit jantung. Resveratrol ditemukan dalam kulit buah anggur merah, namun sumber-sumber lain termasuk kacang dan biji-bijian.

Karena resveratrol diperkirakan memiliki manfaat kesehatan begitu banyak, itu tidak mengherankan bahwa sejumlah produsen telah mencoba untuk memanfaatkan dengan menjual suplemen resveratrol. Kapsul resveratrol Kebanyakan dijual di AS mengandung ekstrak dari tanaman Jepang dan Cina knotweed Polygonum cuspidatum. Suplemen resveratrol lainnya yang terbuat dari anggur merah atau ekstrak anggur merah.


Iklan menggembar-gemborkan bahwa suplemen resveratrol bermanfaat untuk penurunan berat badan, untuk hidup sehat lebih lama. Pertanyaannya adalah, apakah suplemen resveratrol benar-benar memberikan pada janji-janji, atau mereka tidak lebih dari hype pemasaran?

Manfaat Resveratrol
Dalam penelitian Resveratrol banyak bermanfaat untuk anti-penuaan dan memerangi penyakit. Penelitian awal, sebagian besar dilakukan dalam tabung percobaan dan pada hewan, menunjukkan bahwa resveratrol dapat membantu melindungi tubuh terhadap sejumlah penyakit, termasuk:

Penyakit jantung. Resveratrol membantu mengurangi peradangan, mencegah oksidasi LDL kolesterol "buruk", dan mencegah trombosit bersatu dan membentuk gumpalan yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Kanker. Resveratrol dianggap membatasi penyebaran sel-sel kanker dan memicu proses kematian sel kanker (apoptosis).

Penyakit Alzheimer. Resveratrol dapat melindungi sel-sel saraf dari kerusakan dan penumpukan plak yang dapat menyebabkan Alzheimer.

Diabetes. Resveratrol membantu mencegah resistensi insulin, suatu kondisi di mana tubuh menjadi kurang sensitif terhadap efek dari hormon  penurun gula darah (insulin). Resistensi insulin adalah prekursor diabetes.

Studi menunjukkan bahwa resveratrol bahkan membantu melawan beberapa efek dari gaya hidup yang tidak sehat dan menyebabkan umur panjang meningkat. Resveratrol-diperlakukan tikus yang diberi diet tinggi kalori, hidup lebih lama daripada tikus yang tidak diberi resveratrol. Resveratrol mencegah penyakit yang disebabkan obesitas, dengan meniru efek pembatasan kalori.

Resveratrol juga telah dikaitkan dengan pencegahan penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan resistensi insulin. Para peneliti percaya bahwa resveratrol mengaktifkan gen SIRT1, mekanisme biologis yang tampaknya untuk melindungi tubuh terhadap efek berbahaya dari obesitas dan penyakit penuaan. (source: webmd)

Related Article
Tiens Grape Extract (Resveratrol)

3 comments:

  1. Great job for publishing such a beneficial web site. Your web log isn’t only useful but it is additionally really creative too. There tend to be not many people who can certainly write not so simple posts that artistically. Continue the nice writing..how does raspberry ketone work |raspberry ketone reviews does it work |how raspberry ketones work

    ReplyDelete
  2. I really admire your creative webblog.And you Continue to post on health subject.Its helpful for the readers.
    Diabetes Resveratrol

    ReplyDelete
  3. Sekedar info, apabila membutuhkan layanan buat website murah yang terpercaya dan berkualitas kunjungi saja Permenit.Com

    ReplyDelete